Kamis, 24 Maret 2011

ipa


PELANGI

A.Pengertian pelangi
     Pelangi merupakan fenomena optic dan meteorology yang menghasilkan spectrum cahaya yang hamper bersambung di langit apabila matahari bersinar setelah terjadi hujan.pelangi berupa lengkunan warna –warni dengan warna merah pada lengkung paling luar dan warna ungu pada lengkungpaling dalam.warna – warna pelangi adalah merah,orange,kuning,hijau,biru,indigo,dan ungu.
     Pelangi terjadi karena peristiwa pembiasaan sinar matahari oleh air hujan,oleh karena itu pelangi dapat dilihat setelah hujan turun.bentuk pelangi yang berupa lengkung disebabkan tetes air hujan di udara yang berbentuk bulat / sfera.
      Namun sebagian bawah pelangi biasanya trelindung oleh bumi sehingga pelangi yang dapat dilihat hanya berupa lengkungan.pelangi secara utuh dapat dilihat jika sedang berada di pesawat terbang yang mengudara.seorang ilmuan fisika bernama ISAC NEWTON adalah orang yang pertama kali menyelidiki mengapa cahaya putih bisa menghasilkan spectrum warna pelangi.

 B.Proses terjadinya pelangi
     Kunci terjadinya pelangi adalah pembiasaan cahaya yang melewati 2 medium yang berbeda akan mengalami pembiasaan dan berubah arahnya.pembeloka ini terjadi karena cahay yang bergerak dengan kecepatn berbeda-beda ketika melalui medrum yagn berlainan.

C.Jenis-jenis pelangi
     Ada dua jenis pelangi yaitu:
1.      Pelangi primer
Pelangi yang terjadi akibat satu pantulan air hujan.pelangi primer memiliki warna yang terkuat dengan warna merah pada bagian luar dan warna ungu pada bagian dalamnya.
2.      Pelangi sekunder
Terjadinya pemantulan cahaya sebanyak 2 atau lebih pelangi sekunder yang dihasilkan oleh 2 pemantulan akan terlihat dilangit berada di atas pelangi primer.susunan warna pelangi sekundr kebalikan dari susunan warna pelangi primer,yaitu merah pada bagian dalam dan warna ungu pada bagian luarnya.warna yagn dimiliki oleh pelangi sekunder lebih rendah jika di bandingkan dengan pelangi primer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar