Kamis, 24 Maret 2011

Penjas


SEPAK BOLA
A.Formasi permainan sepak bola
    Formasi permainan sepak bola dibedakan sebagao berikut:
a.      Kelompok depan
Tugasnya mengadakan penyerangan ke daearah gawang lawan untuk memasukkan bola ke gawang lawan.bagi pemain depan kesempatan untuk mencetak suatu gol sangat terbuka sekali.tinggal bagaimana pemain depan tersebut dapat mencari peluang dan menempatkan dirinya dalam kesempatan untuk mencetak gol.
b.      Kelompok tengan,tugasnya membantu pertahanan daerahnya bila diserang dan mengantarkan bola dari belakaang kedepan untuk membantu searangan dengan cara member umpan dengan baik kepada pemain depan.
Pemain pemain pada bagian tengah sering juga disebut sebagai otak dari suatu permqainan.sebab pemain tengah mempunyai fungsi sebagai pengatur serangan dalam pertandingan sepak bola.selai itu,pemain tengah harus dapat membantu dal penyerangan dan pertahanan.
c.       Kelompok belakang
Tugasnya mempertahanakan daerahnya dan menghalangi lawan yang akan memasukkan bola ke gawang lawannya.
Pemain belakang terdiri dari:
a.      Back kanan
b.      Back kiri
c.       Back tengah (stopper)
d.      Pemain belakang tengah (sweeper)

         Selain ketiga kelompok ditas juga ada satu penjaga gawang.tugas seorang penjaga gawang  cukup berat,sebab gawang merupakan sasaran dan seluruh pemain lawan.seorang penjaga gawang harus pandai menempatkan posisi,terampil dalm menangkap dan menghalau setiap bola yang ditujukan ke gawangnya,sehingga diperlukan antisipasi yang tinggi dari setiap bentuk serangan lawan.
Dari ketiga kelompok di atas (selain penjaga gawang )dapat dibuat pola-pola permainan,baik pola dalm menyerang,pola dalam bertahan,maupun kombinasi dan keduanya.

   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar